Tak Perlu Ragu, Toyota Fortuner VNTurbo memang SUV Terbaik
Seiring
dengan berjalannya waktu, kebutuhan akan alat transportasi akan terus meningkat
terutama mobil. Berdasarkan data dari KEMENPRIN bahwa penjualan mobil pada
semester 1 2012 ini meningkat mencapai 25% atau meningkat dari 506,728 unit
pada tahun 2011 menjadi 637,778 unit pada awal tahun 2012. Disisi lain, kita
dihadapkan masalah tentang pencemaran lingkungan, bencana alam, krisis energi dan
kemacetan yang luar biasa apalagi di kota kota besar. Selama ini solusi yang
ditawarkan oleh pemerhati negara ini ialah dengan mengurangi intensitas
penggunaan alat transportasi (mobil) namun pada kenyataannya masih banyak yang
tidak menghiraukan. Tetapi kita tidak perlu khawatir, Toyota Fortuner hadir
untuk membantu kita, menghantar kita ke tempat tujuan sehingga aktivitas kita
berjalan dengan baik tanpa halangan dan rintangan. Hidup ini selalu mengalami
perubahan begitu juga Toyota Fortuner yang bersifat dinamis dimana artinya
selalu melakukan perbaikan perbaikan teknologi sehingga selalu dapat memenuhi
kebutuhan kita.
Saat
ini, Toyota Grand New Fortune tampil baru dengan mesin VNTurbo yang dilengkapi
dengan intercooler. “Fortuner terbaru ini hadir sebagai jawaban atas permintaan
konsumen yang menginginkan kinerja mesin diesel Fortuner yang makin bertenaga” menurut
Johnny Darmawan, President Director PT Toyota Astra Motor (TAM). Selain
itu kata Johny, "Hingga saat ini Toyota Fortuner mengalami pertumbuhan
penjualan siginifikan sebagai pemimpin pasar di segmen SUV 4x2. Faktanya
semester pertama di 2012 ini telah terjual sebanyak 10.000 unit." (http://id.carmall.com/en/articles/articleinfo/the-more-powerful-grand-new-fortuner-diesel-2154/).
Mobil diesel kini dikenal irit konsumsi BBM dimana sangat bermanfaat untuk
mengatasi masalah krisis energi. Namun kendalanya ialah performanya yang jauh
dari harapan. Oleh karena itu, Toyota yang merupakan penghasil mobil nomor satu
terbesar didunia membuat inovasi dengan mengembangkan teknologi Variable Nozzle
Turbocharger (VNT). Dengan adanya nozzle yang diarahkan ke turbin, kecepatan
aliran udara diatur dengan mengatur sudut nozzle. Alhasil, putaran turbin bisa
lebih cepat diputaran rendah dan tidak kehilangan daya saat putaran tinggi. Oleh karena itu, Fortuner VNTurbo layak
disebut “SUV Terbaik”(Sport
Utility Vehicle). Apabila bisa di analogikan, fortuner diesel keluaran terbaru ini bagaikan "Cheetah". Cheetah adalah mahluk hidup tercepat yang pernah hidup didaratan, bisa mencapai
kecepatan 112 km/jam sampai 120 km/jam hanya pada lintasan sepanjang
460m (500yard), kemampuannya berakselerasi juga tidak bisa ditandingi
mahluk hidup apapun, cheetah bisa mencapai kecepatan dari 0 km/jam
sampai 110 km/jam hanya dalam waktu 3 detik. Begitupula mobil jenis ini yang memiliki ketangguhan dan kecepatan melaju yang luar biasa dan tahan terhadap segala kondisi.
Keunggulan
Fortuner yang Menjadikan Fortuner SUV terbaik di Indonesia
Apabila
dilihat dari fisiknya, Grand New Fortuner VNTurbo memang tidak berbeda jauh
dengan yang sebelumnya. Namun Grand New Fortuner VNTurbo didesain dengan
teknologi mesin diesel dan tampilan fisiknya sedikit lebih gagah dari jenis
fortuner yang sebelumnya. Performa mesin dari fortuner jenis ini lebih dahsyat
dibandingkan versi sebelumnya. Terdapat perbedaan signifikan pada unit 2KD-FTV
yang tidak dan yang menggunakan VNT. Berikut ini adalah tabel perbandingan antara
jenis Fortuner lama yang belum menggunakan VNT dengan Frotuner VNTurbo.
Item
|
Tanpa VNT
|
Dengan VNT
|
Tipe
|
4-silinder,
DOHC, 16 katup
|
4-silinder,
DOHC, 16 katup VNT
|
Kapasitas
|
2.494 cc
|
2.494 cc
|
Daya Fortuner
|
Mencapai 102
ps pada 3600 rpm
|
Mencapai 144 ps pada 3400 rpm
|
Torsi
|
260 Nm pada putaran antara 1600 hingga 2400 rpm
|
343
Nm
pada putaran antara 1600 hingga 2400 rpm
|
Konsumsi bbm
|
11,2 kpl
|
10,8 kpl
|
Akselerasi 0 – 100
kpj
|
20,9 detik
|
15,6 detik
|
Dari tabel perbandingan tersebut
nampak bahwa dengan penambahan VNTurbo
menjadikan performa mesin Fortuner menjadi lebih dahsyat dan bertenaga
dibandingkan Versi lawas Fortuner. Tidak hanya tenaga hasilkannya besar yang
mengagumkan dari tipe Fortuner ini, melainkan Fortuner jenis ini memiliki
kekuatan punter yang signifikan, Bukan hanya tenaga besar saja yang
mengagumkan dari Fortuner, SUV Terbaik juga andalan Toyota ini
sekarang memiliki torsi yang bisa terungkit dengan signifikan. Ada
baiknya apabila kita mengerti apa yang dimaksud dengan torsi itu sendiri. Torsi
atau momen gaya adalah gaya untuk memutarkan suatu benda pada porosnya, maka
torsi bisa diibaratkan sebagai gaya putar terhadap suatu benda. Torsi
diperlukan untuk menggerakan mobil dari posisi diam sehingga bergerak, seberaoa
besarnya torsi berpengaruh pada percepatan perubahan posisi kendaraan dari
sebuah titik. Berdasarkan hal ini, VNTurbo yang memiliki nilai torsi yang lebih
tinggi jauh lebih menguntungkan.
Jumlah
Sirip-sirip pada rumah turbin VNTurbo kini menjadi bertambah, fungsinya
agar dapat mengarahkan dan mempersempit lubang udara yang masuk ke turbin
pemutar. Dengan demikian, udara akan mengalir menjadi lebih cepat, tenaganya
pun menjadi cepat bereaksi tanpa harus menunggu putaran mesin meningkat. Selain
itu, VNTurbo ini dilengkapi oleh intercooler. Peran utama Intercooler
adalah agar suhu mesin lebih dingin sehingga udara yang dikonsumsi punmenjadi
lebih padat, jadi akan menghasilkan proses pembakaran yang sempurna.
Bagaimana VNT bisa mendorong mesin
Lebih Produktif?
Variable Nozzle Turbo yang digunakan
Toyota Fortuner Diesel memang luarbiasa. Perangkat ini mampu meningkatkan
output daya dan torsi secara signifikan. Untuk mengetahui aksi VNT mendorong
mesin lebih produktif, ada baiknya menyegarkan ingatan tentang kerja
turbocharger. Turbocharger merupakan alat forced
induction yang digunakan untuk mengizinkan produksi daya yang lebih dari
suatu mesin. Definisi dari forced
induction itu sendiri ialah proses pengiriman udara yang terkompresi masuk
mesin pembakaran internal. Tujuan pemasangan Turbo adalah memperkaya jumlah
oksigen yang masuk ruang bakar agar terjadi pembakaran sempurna. Tambahan
oksigen ini disedot dari luar. Turbocharger terdiri dari kompressor yang
bertugas menyedot dan mendorong udara ke ruang bakar. Kompressor mempunyai
poros yang sama dengan turbin. Jika turbin berputar, kompresor berputar pula
menyedot udara luar, nah turbin ini digerakkan gas buang dari mesin.
Turbocharger ini memiliki 3 komponen
utama yaitu turbin itu sendiri, kompresor dan center housing. Agar compressor bisa efektif pada turbo biasa maka
diperlukan putaran turbin yang kencang. Hal itu hanya bisa dihasilkan jika
tekanan gas buang cukup tinggi atau turbo baru menjadi efektid apabila dalam
putaran mesin yang tinggi. Untuk produk VNTurbo Fortuner ini memiliki inovasi
yang unik yaitu mengenai bagaimana mendapatkan tekanan yang cukup pada putaran
mesin yang rendah.
Rumah turbin pada VNTurbi dilengkapi
dengan bilah/sudu-sudu yang bisa diatur sudut bukaanya tergantung beban mesin,
rpm dan banyak variable yang lainnya. Hal inilah yang membedakan mesin pada
VNTurbo dengan perangkat turbo yang biasanya. Dalam hal ini penggerak sudu sudu
adalah motor listrik. Pada putaran rendah, ketika tekanan gas buang masih lemah
dan tidak efektif memutar turbin, maka sudu-sudu ditutup sehingga gas buang
mengalir di area sempit yang otomatis meningkatkan tekanannya. Hasilnya bisa
memutar turbin secara efektif yang membuat kompressor bisa bekerja sejak
putaran rendah. Semakin tinggi putaran mesin, sudut bukaan sudu-sudu makin
besar untuk menghindari tekanana berlebihan yang bisa merusak perangkat turbo.
Karena
turbo berhubungan dengan aliran gas buang yang panas, maka suhu udara
yang terhisap ikut meningkat. Padahal jika suhu udara panas membuat molekul
oksigen renggang dan menipis. Karena itu pada Toyota Fortuner Diesel ini
dilengkapi intercooler diantara turbo dan intake manifold untuk
menurunkan kembali suhu udara yang panas agar kandungan oksigen menjadi lebih
rapat. Sumber pendingin adalah hembusan udara luar yang dialirkan dari
air scoop pada kap mesin Fortuner Diesel VNT.
Fitur
Modern memberikan Kenyamanan
Apabila
sepintas melihat mobil dengan merk Toyota Fortuner, pasti kesan pertama adalah
“mewah”. Memang Fortuner selalu didesain elegan sehingga dari penampilan
luarnya saja sudah menarik perhatian calon konsumen. Tidak hanya cantik diluar
saja namun Fortuner dilengkapi dengan berbagai macam fitur modern dan canggih
dengan harapan bahwa pengguna akan mendapatkan kenyamanan, diantaranya adalah :
Desain Interior
dan eksterior baru membuat mobil ini makin melegan (mewah dan elegan)
Interior
- New Head Lamp Design
- New Radiator Grille Design
- New Engine Hood Design
- New Front Bumper Design
- New Fog Lamp Design
- New Front Fender & Over Fender Design
- New Corner Sensor
- New Instrument Panel
Eksterior
- New Outer Mirror with Turn Signal Lamp
- New Head Lamp Design
- New Radiator Grille Design
- New Engine Hood Design
- New Front Bumper Design
- New Fog Lamp Design
- New Front Fender & Over Fender Design
- New Corner Sensor
- New Instrument Panel
- New Combination Meter
- New Black Wood Ornament Panel
- New Shift Knob
Harga Grand New Toyota Fortuner
Grand New Fortuner yang diluncurkan oleh Toyota
Astra Motor pada bulan agustus 2012 lalu memiliki 4 tipe, dan di bawah adalah 4
tipe Grand New Fortuner berikut harganya;
Tipe
|
Harga
|
Grand New Fortuner
VNTurbo 2.5 G M/T
|
Rp.
415,150,000
|
Grand New Fortuner
VNTurbo 2.5 G A/T
|
Rp.
427,750,000
|
Grand New Fortuner
VNTurbo 2.5 G M/T TRD
|
Rp.
440,050,000
|
Grand New Fortuner
VNTurbo 2.5 G A/T TRD
|
Rp.
452,650,000
|
Harga Grand New Fortuner VNTurbo di atas bisa saja
berubah, maka dari itu saya sarankan untuk selalu melihat perkembangan harga dan produk di http://www.toyota.astra.co.id/product/?page=product&model=Fortuner
Mesin
Seri
Mesin / Machine Serial 2 KD-FTV VN Turbo Intercooler
Tipe Mesin / Engine Type IL 4Cyl, 16
Valve DOHC, VN Turbo Intercooler
Isi Silinder / Displacement (cc) 2494
Diameter x Langkah / Bore X Stroke (mm)
92.0 x 93.8
Daya Maksimum / Maximum Output (Ps/rpm)
144 / 3,400
Torsi Maksimum / Maximum Torque
(Kgm/rpm) 35 / 1,600 2,800
Sistem Pemasukan Bahan Bakar / Fuel System
Common Rail Type
Bahan Bakar / Fuel Diesel
Kapasitas Tangki / Fuel Capacity (liter)
65
Steering (Power Steering)
Sasis
Sistem Penggerak Roda / Wheel Drive System 4x2 FR
Transmisi /
Transmition 5 M/T
Perbandingan
Gigi / Gear Ratio 1st 4.313
Perbandingan
Gigi / Gear Ratio 2nd 2.330
Perbandingan
Gigi / Gear Ratio 3rd 1.436
Perbandingan
Gigi / Gear Ratio 4th 1.000
Perbandingan
Gigi / Gear Ratio 5th 0.838
Perbandingan
Gigi / Gear Ratio 6th –
Perbandingan
Gigi / Gear Ratio Reverse 4.220
Perbandingan
Gigi / Gear Ratio Final 3.909
Suspensi Depan /
Front Suspension Double Wishbone with Coil Spring & stabilizer
Suspensi
Belakang / Rear Suspension 4 Link w/ Lateral Rod and Coil Spring
Rem Depan /
Front Brake Ventilated Disc
Rem Belakang /
Rear Brake Leading- Trailling Drum
Sistem Rem
Tambahan / Additional Brake System ABS with EBD
Steering Gear
Rack Pinion, Power Assisted
Ukuran Ban /
Tires Size 265 / 65 R17
Dimensi
Overall
Panjang / Length 4695
Overall Lebar /
Width 1840
Overall Tinggi /
Height 1850
Jarak Poros Roda
/ Wheelbase 2750
Jarak Pijak /
Tread (Depan/Front) 1540
Jarak Pijak /
Tread (Belakang / Rear) 1540
Jarak Terendah /
Ground Clearance 220
Radius Putar /
Turning Radius 5.9
Berat Kosong /
Curb Weight 1780-1815
Jumlah Roda
(khusus Commercial) –
Gros Vehicle
Weight (khusus Commercial) 2380
Panjang Dek
Kargo (khusus Commercial) –
Lebar Dek Kargo
(khusus Commercial) –
Tinggi Dek Kargo
(khusus Commercial)
Spoiler atap TRD Sportivo |
Air scoope sebagai pembeda sekaligus mengalirkan udara ke intercooler
|
Spesifikasi
Video
"Grand New Fortuner VNT 2012"
Kali
ini Indonesia pantas untuk bangga karena mampu menunjukkan prestasinya dimata
internasional. Dengan melakukan ekspedisi Fortuner Jakarta – Rome Eurasia, yang
merupakan perjalanan menjelajahi 2 benua, 23 negara dan mengunjungi lebih dari
60 kota didunia merupakan sejarah bagi dunia industri otomotif Indonesia. Bukan
Fortuner SUV terbaik namanya apabila alat transportasi yang mengagumkan ini
tidak bisa menerjang berbagai kondisi cuaca yang ekstrim dan segala kondisi
yang menantang. Area perjalanan tersebut lah yang menjadi saksi betapa hebat
dan lincahnya produk unggulan Fortuner ini.
Ekspedisi
ini mengikuti rute napak tilas Marcopolo, yang mana kita ketahui Marcopolo
merupakan penejelajah dunia asal Italia. Ekspedisi Fortuner Jakarta – Rome
Euroasia berlangsung selama 90 hari mengelilingi negara-negara di benua Asia
dan Eropa, meliputi Malaysia, Thailand, Laos, Vietnam, Cina, Kirgistan,
Turkmenistan, Uzbekistan, Iran, Turki, Bulgaria, Serbia, Kroasia, Slovenia,
Cekoslowakia, Austria, Belgia, Jerman, Perancis, Inggris dan Italia. Perjalanan
sepanjang 27 ribu km dengan melibatkan 16 orang dengan mengendarai 4 mobil SUV
Toyota Grand New Fortuner 2.7 V A/T 4×4.
Mobil
ini mengusung mesin 2 TR-FE 2.7 L DOHC 16 Valve VVT-I yang tangguh dan dapat
digunakan di segala medan, serta mendapatkan sertifikasi kelayakan uji emisi
Euro-2. Keberhasilan tim Fortuner untuk melewati ekspedisi ini menjadi suatu
kebanggaan tersendiri karena mobil yang digunakan ini merupakan rancangan dalam
negeri.
Peta Perjalanan Tim Fortuner Indonesia dalam Menjelajahi Ekspedisi Marcopolo |
“Kami
bangga Toyota Grand New Fortuner dapat mengiringi perjalanan anak bangsa
menapaktilas perjalanan Marcopolo,” kata Presiden Direktur PT Toyota-Astra
Motor, Johnny Darmawan saat melepas ekspedisi dari Gedung Pertamina Jakarta, 17
Agustus 2011, ketika memberangkatkan tim ekspedisi yang terdiri dari tiga unit
SUV Totoya Fortuner, seperti dilansir website resmi Toyota Astra Indonesia. Selain
itu Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Johny Daramawan berharap ekspedisi
ini dapat menanamkan rasa nasionalisme dan menginspirasi seluruh elemen bangsa
untuk berani memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.
Segala
sesuatu harus dipersiapkan sebelum perjalanan yang bersejarah ini dilaksanakan.
Bengkel Yanatta Auto Works di Lebak Bulus, Jakarta Selatan dipercaya
mempersiapkan SUV itu. Dan ternyata modifikasi yang dilakukan untuk membuat
mobil ini melaju tiada masalah sampai pada akhir tujuan tidak terlalu banyak.
Menurut Nurdianto sebagai kepala bengkel bahwa pihak bengkel hanya diminta
untuk membuat roof rack, Winch (katrol
derek), side guard untuk bracket High
Lift Jack (dongkrak untuk mengangkat mobil hingga 1 meter), dan terakhir rak
besi di bagian bagasi dan yang lainnya dibiarkan tetap standar pabrik.
Dari Jakarta, tim ekspedisi menuju Malaysia terlebih dahulu. Pada saat di Malaysia, perjalanan masih terasa aman dan lancar mengingat Malaysia adalah negara tropis yang hampir sama dengan Indonesia. Tim Ekspedisi sempat mampir di Songkla untuk bertemu Media dan mempromosikan Indonesia. Di sini, Toyota Fortuner dengan fitur sistem navigasinya mampu membuktikan perannya sebagai Fortuner Penjelajah Tangguh dalam membantu kelancaran perjalanan. Selanjutnya dari Malaysia dilanjutkan menuju Thailand. Perjalanan ini tidak
mudah ditaklukkan oleh tim Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition karena
harus menghadapi berbagai tantangan yang ada. Ketika sampai di Negara Gajah
Putih (Thailand) awalnya diperkirakan perjalanan akan lancar namun ternyata
terjadi banjir bandang yang membuat kacau keadaan disekitar. Hujan deras yang
mengguyur kawasan tersebut tidak mampu ditahan lagi oleh waduk sehingga jebol
dan air tumpah menuju jalan raya dan pemukiman. Pada waktu itu, tak ada pilihan
lagi, rombongan 4 unit Toyota Fortuner harus melintasi Bangkok dan harus menerjang
banjir Bandang tersebut. Untungnya Fortuner memiliki ground clearance yang
tinggi sehingga seluruh Fortuner berhasil melewati kawasan banjir dengan
selamat sampai perbatasan Thailand – Laos tanpa hambatan.
Terjebak Banjir di Thailand |
Ground Clearance Fortuner yang tinggi |
Gurun Pasir Cina
Semakin jauh perjalanan maka
semakin seru tantangan yang harus dihadapi oleh tim Fortuner. Ketika di
Thailand, mereka dihadapkan pada meluapnya air melumpuhkan kota. Sedangkan
ketika tim tiba di Cina, mereka dihadapkan pada cuaca dan kondisi geografis
yang jauh berbeda dari Indonesia. Tim Fortuner menghabiskan waktu 19 hari 18
malam untuk melintasi negeri yang menghubungkan Asia Tenggara dan Asia Tengah
itu.
Tantangan pertama kali ini
adalah medan tempuh yang sulit karena harus melintasi padang pasir tandus
Mingsha Mountain. Pada bulan November, yang menjadi tantangan kedua selama di
Cina, kebetulan negara ini sedang dalam musim dingin, suhunya yang sangat
dingin bahkan bisa mencapai 1oC. Lagi-lagi ketangguhan Fortuner
diuji. Hebatnya, Fortuner yang memang dilengkapi sistem penggerak 4×4
menyelamatkan tim dari situasi sulit itu. Sistem ini memungkinkan adanya
kombinasi suspensi depan double wishbone with stabilizer dan suspensi belakang
4 Link dengan Lateral Rod bekerja sempurna.
Tim Fortuner Menembus Padang Pasir Tandus Mingsha Mountain |
Perjalanan dari Jakarta menuju
Tirai Bambu ini pada spidometer menunjukkan jarak yang telah dilintasi mencapai
10.000 km lebih. Selain itu, yang menjadi tantangan ketiga selama di Cina ialah
rute dari Kota Kun Ming menuju Chengdu. Karena fortuner harus melewati jalan
bebas hambata yang panjang danberada diatas danau. Namun ternyata tim ini
berhasil melewati dengan baik baik saja. Hal ini dikarenakan mobil Fortuner
yang digunakan memiliki mesin
bensin empat silinder berkapasitas 2.7 liter. Selain itu mesin bensin ini
didukung teknologi DOHC dan VVT-i bisa menghasilkan power yang cukup berlimpah
untuk melesat di jalan tol.
China
merupakan daerah dataran tinggi sehingga medan yang dilalui oleh tim ini berada
pada ketinggian sekitar 2800 meter dari permukaan air laut. Seperti halnya kita
ketahui bajwa semakin tinggi suatu tempat maka kandungan oksigen diudara mulai
semakin menipis. Tentu hal ini menjadi
tantangan yang keempat bagi mesin mobil ini selama berada di Cina. Namun tetap
saja Tim tidak mengalami kendala apapun.
Menerjang
Gunung Es Asia Tengah.
Setelah
4 unit Toyota Grand Fortuner 2,7 V AT 4x4 usai berkunjung ke Cina maka
selanjutnya tim ini melaju untuk memasuki kawasan Asia Tengah. Kawasan ini
memberikan tantangan bagi orang orang dan mobil yang disiapkan untuk kawasan
tropis. Di
Kyrghyztan, tim harus melintasi pegunungan batu bersalju dengan kontur jalan
berliku dan naik turun. Ditambah lagi dengan suhu udara dingin rata-rata 1
derajad celcius. Bahkan kadang-kadang dibawah nol lebih parah dibandingkan di
Cina. Perjalanan dari kota Kashgar, Cina menuju ibu kota Kyrgyzstan, Bishkek
membutuhkan waktu selama lebih dari 22 jam. Suhu yang dirasakan oleh tim
sekitar -10 derajat Celcius selain itu harus berkendara hampir 100 km di jalan dan gunung
yang diselimuti salju tebal.
Selama
perjalanan melintasi Kawasan Asia tengah sampai Iran, tim ini terus dihadapkan
pada kondisi ekstrim. Fortuner melaju pada daratan dengan ketinggian 3900 mdpl
(meter dari permukaan laut) atau lebih tinggi dari puncak Gunung Semeru
setinggi 3676mdpl. Sempat dikhawatirkan kinerja mesin akan terganggu karena
semakin minimnya oksigen pada ketinggian tersebut. Namun pada nyatanya,
Fortuner tetap kuat dan tak ada kendala. Namun, teknologi VVT-I yang memiliki
sensor pendeteksi jumlah oksigen yang masuk ke ruang bakar, membantu
menstabilkan kinerja mesin dengan normal. Cara kerjanya ialah sensor membantu
memberikan informasi secara otomatis kepada sistem mesin. Sehingga, kebutuhan
oksigen yang diperlukan dapat ditukar melalui katup yang lama bukaannya dapat dikendalikan
sesuai kondisi medan dan beban mobil.
Akhirnya, Tim Ekspedisi tiba di Eropa
Setelah
melalui perjalanan panjang dengan berbagai rintangan, tim pun tiba di negeri
para Mullah, Iran. Fortuner melesat di atas highway menuju Turki, yang merupakan pintu gerbang
Eropa. Akhirnya, Sambutlah Kami Eropa! Setelah mengelilingi sejumlah negara di
Eropa, tim akhirnya menyelesaikan perjalanannya di Venesia, Italia. Tanggal 20 Desember 2011 merupakan hari sejarah bagi tim fortuner dan Indonesia karena keberhasilan mencapai tujuan akhir dengan lancar. Di daerah terrsebut, Tim mengibarkan bendera merah putih sebagai simbol kebanggaan putra bangsa Indonesia. Rombongan yang berjumlah 16 orang langsung disambut hangat oleh KBRI di Italia..Perjalanan FORTUNER Jakarta - Rome ini dapat berhasil karena adanya beberapa faktor diantaranya adalah kesolidan dari tim ekspedisi ini dan rasa nasionalisme yang ingin membuka mata internasional bahwa "Indonesia Mampu". Sekali lagi, ketangguhan Toyota Fortuner telah menobatkannya
sebagai SUV terbaik di kelasnya.
Video Perjalanan Ekspedisi EuroAsia
Dari cerita mulai dari keunggulan Toyota Fortuner VNTurbo sampai pembuktian ketangguhannya saat menjalani Ekspedisi EuroAsia, maka tak perlu diragukan lagi bahwa Toyota Fortuner VNTurbo ini merupakan mobil impian yang menjawab semua kebutuhan kita. So, tunggu apalagi, segera pilih Toyota Fortuner VNTurbo menjadi mobil kita yang dapat mengantar kita dan keluarga kita dengan nyaman dan aman sampai tempat tujuan. Mobil ini pelahap segala medan, tidak perlu dikhawatirkan. untuk Informasi yang lebih detail dan paling baru bisa dilihat pada web resmi toyota (www.toyota.astra.co.id )
Logo SEO 2 |
VNTurbo luar biasa
BalasHapustanya dong mbak...
BalasHapuswaktu sudu-sudu turbin berubah bukaannya, sejauh mana pengaruh getaran yang dihasilkan?? :D
maaf ya lama responnya..
Hapusseharusnya getaran pada mobil itu tidak hanya dipengaruhi oleh pergerakan sudu sudu.. namun juga ada faktor lain dari komponen didalam mobil yang berputar misalkan bisa pengaruh dari rotasi ban mobil.
kalo menurut sistem perputaran turbin itu berubah otomatis getaran juga berubah namun itu semua bergantung pada komposisi dari bahan sudu sudu turbin tersebut. ketika perputaran atau bukaan mencapai nilai kritis maka getaran akan terasa namun sejauh melewati atau tidak mencapai titik kritis, putaran stabil dan getarannua stabil (artian ga kerasa). nah, permasalahannya adalah gimana kalo pergerakan putar trsebut mencapai titik kritis? timbul getaran dong? getaraannya menggangu pengendara mobil dong? ini jawabannya : tenang saja, mobil VNTurbo ini memiliki komposisi yang murni dalam artian komposisi setiap sudu sudu nya sama, jadi bukaan atau pergerakan apapun dari sudu sudu akan stabil dan dalam mobil ini ada peredamannya. jadi getaran akan ngga kerasa , tidak mengganggu pengendara :)
duh maaf, ini juga pake logika dan menurut beberapa teman.. maaf kalo salah..
kayaknya pada tabel perbandingan daya antara tanpa VNT dan VNT terbalik, seharusnya setelah pakai VNT tenaga menjadi 144ps. Santoso Wijaya
BalasHapusoh iya maaf, itu terbalik, terimakasih atas tegurannya.. akan segera diperbaiki..
Hapus*Wah mobil "Toyota Fortuner "VN Turbo memang membuat kita puas .Cantik luar dalam dan lebih lagi fiturnya yang serba "wah" membuat kenyamanan luar biasa .
BalasHapushehehe.. wah super sekali pak
Hapusterimakasih banyak pak sudah mengunjungi dan membaca sedikit coretan saya tentang Mobil paling dahsyat ini..
semoga tertarik memilih mobil fortuner ini menjadi mobil keluarga anda.. hehehe...
Super sekali...
BalasHapusterimakasih ya sudah mengunjungi dan membaca sedikit coretan saya tentang Mobil paling dahsyat ini..
Hapussemoga tertarik memilih mobil fortuner ini menjadi mobil masa depan anda.. hehehe... :)
wishhh amazing...
BalasHapuskerennnn dech,
iya memang VNTurbo hebaat yaah..
HapuswAH kereen yaa..
BalasHapusmakasih infonya lengkap banget
ntar deh 2 taun lagi semoga bisa beli..
doain yaa
amiiin.. pasti bisa kok.. :)
HapusDua tahun lagi kita jalan-jalan pake mobil ini ya "another" kkk
Hapusamiiinn..
Hapuskuliah yang bener, lulus jadi sarjana teknik universitas indonesia kemudian kerja.. cuuss deh langsung "kredit" beli mobil Fortuner..
termasuk mobil idamanku nih mil :D
BalasHapus#Amiiiin,,,,
iyaaa ,, aku doain deh yoos..suatu saat , bakal keturutan beli mobil fortuner.. aminamin,,
Hapusklo buat saya, mobil gk perlu terlalu besar, biar gk macet juga gitu. ramah lingkungan. tp dilihat dari ekspedisi EuroAsia, ini mobil Ampuh dah!!!
BalasHapusAnda betuull sekalii.. :D
BalasHapusgood information about Fortuner SUV
BalasHapusalways update for it
thank you very much